8 Tips Tipografi Untuk Mendesain Presentasi Menggunakan PowerPoint

8 Tips Tipografi Untuk Mendesain Presentasi Menggunakan PowerPoint

Salah  satu factor pendukung sebuah presentasi yang keren adalah struktur tipografi yang tepat. Tipografi memungkinkan kita untuk berkreasi dengan font dari berbagai tipe seperti sans serif , script dll. Satu hal yang perlu kita ingat adalah kemampuan audiens untuk membaca font tersebut tetap menjadi prioritas. Berikut ini beberapa aturan dan tips yang sangat perlu kalian pertimbangkan ketika kita mendesain sebuah presentasi.

  1. Berikan Kontras Dengan Memainkan Ketebalan Dan Ukuran

Berikan penekanan pada judul slide dengan menggunakan ukuran font yang lebih tebal, lebih besar, dan juga menggunakan jenis font yang berbeda dengan teks. Apabila terdapat elemen yang saling mendukung,  gunakanlah ukuran font yang lebih kecil untuk kalimat pendukungnya seperti slide subtitle yang mendukung slide title.

  1. Gunakanlah Warna Untuk Menekan Kata Kunci

Menambahkan warna di sebuah kata kunci dalam sebuah slide merupakan sebuah cara yang efektif untuk mengkomunikasikan inti pesan. Yang perlu kita ingat dalam menambahkan warna yaitu dilarang menggunakan lebih dari satu warna untuk menekankan satu pesan inti atau lebih dari satu pesan inti. Hal itu dikarenaan akan mengaburkan inti dari pesan yang ada di slide. Ingat metode One Slide One Massage! .

  1. Perhatikan Spasi

Menggunakan sebuah spasi untuk memisahkan point satu dengan point lainnya itu bertujuan untuk memudahkan audiens yang membaca slide yang kita buat dan bisa membaca pesan-pesan yang ada di slide kita.

  1. Perhatikan Panjang Paragraf

Jika terpkasa di dalam sebuah presentasi kita harus menggunakan paragraf yang panjang untuk memasukan sebuah pesan, maka dari itu perhatikan panjang paragraph sehingga dalam satu paragraph itu tidak lebih dari 5-10 kata. Paragraph yang terurai terlalu panjang akan membuat mata audiens lelah saat membacanya.

  1. Gunakan Font Diatas Gambar

Gambar merupakan sebuah elemen yang penting dalam sebuah presentasi yang dapat menciptakan perbedaan dalam menyampaikan sebuah pesan. Gunakanlah teks dengan warna yang kontras dengan gambar ataupun mengatur efek gambar supaya sesuai dengan teks yang akan kita muat di dalamnya ( missal dengan memberikan efek gelap pada gambar untuk memasukkan teks berwarna terang )

  1. Pilih Font Yang Aman Untuk Mata

Memilih font itu ibarat memilih pasangan. Selain fellnya harus sesuai, kita juga berharap font yang kita pilih itu enak dilihat. Coba memadukan font serif dan sans serif bahkan libatkan juga font script maupun dekoratif jika dilihat perlu dan bisa mendukung feel sebuah presentasi dan tersampainya pesan. Satu yang mesti kita ingat. Konsep terpenting dalam memilih sebuah font yaitu kemudahan untuk dibaca audiens.

  1. Gunakan Font Dekoratif Pada Tempatnya

Font ini merupakan seuah font yang diciptakan dengan mengambil konsep seperti tulisan tangan, sehingga bentuknya akan sangat variatif bahkan banyak yang tidak mudah untuk dibaca audiens. Maka dari itu, dalam presentasi yang membuthkan penangkapan pesan langsung kita perlu tahu bagaimana menggunakan jenis font ini. Konsepnya, gunakanlah font yang mudah dibaca, gunakanlah seminimal mungkin jenisnya. ( disarankan untuk menggunakan jenis font seperti ini di slide title )

  1. Berikan Jarak

Berikan jarak pada teks, jarak antara teks dengan judul, baik jarak antar teks, maupun jarak antara teks dengan tepi teks box atau slide. Hal ini akan mempengaruhi estetka pada slide, juga akan mempermudah teks untuk dibaca audiens.

Demikianlah tips tipografi untuk mendesain presentasi menggunakan powerpoint, semoga bermanfaat..

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.