7 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Warna Untuk Desain Presentasi

7 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Warna Untuk Desain Presentasi

Memilih warna yang tepat memiliki dampak yang begitu besar terhadap kesuksesan sebuah desain yang dibuat. Kita bisa melihat berbagai brand ternama yang sengaja memasukan unsur warna yang mewakili sebuah produk mereka. Sebelum kalian memilih warna, pertimbangkan dulu 7 hal ini untuk membantu kalian memvalidasi setiap warna yang akan kita pakai dalam setiap desain yang kalian buat antara lain:

  1. Pertimbangkan Psikologi Warna

Warna merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang dapat kalian gunakan untuk menyampaikan sebuah pesan. Setiap warna memiliki kolerasi dengan kepribadian seseorang, bahkan warna juga bisa mendeskripsikan sebuah produk.

  1. Kenali Audiens

Sebelum membuat sebuah desain presentasi, kenali terlebih dahulu siapa audiens kalian. Hal ini sangat penting dalam pemilihan warna karena secara karakter antara pria dan wanita itu memiliki presepsi yang berbeda terhadap setiap warna. Pada umumnya pria lebih suka dengan warna-warna yang berani, sedangkan wanita lebih milih warna-warna yang lembut.

  1. Gunakan Warna Dengan Selaras

Memilih warna untuk sebuah desain itu tidak bisa secara subjektif karena harus memperhatikan juga kesesuaian antara brand dengan warna yang kalian pilih, warna dengan suhu (warna hangat atau dingin), saturasi (warna tajam yang terlihat muda, sementara itu yang redup akan terlihat lebih vintage), suasana hati (cerah& menyenangkan, gelap&serius), tema(lokasi,musim, hari libur) dll.

  1. Sesuaikan Dengan Karakteristik Brand

Sebuah warna memiliki kekuatan untuk mempengaruhi presepsi konsumen tentang sebuah merek atau produk yang mau dijual. Pengenalan sebuah brand biasanya sangat terkait dengan warna. Misalnya Faceboo yang identic dengan warna biru. Penilaian orang terhadap produk biasanya berawal dari warna. Maka dari itu pada sebuah desain, warna bukan sekedar pilihan artistic, akan tetapi kesesuaian karakter brand tersebut.

  1. Kontras Itu Penting

Pemilihan font dan warna yang tepat akan lebih mudah menarik audiens. Kombinasikan warna dengan warna yang kontras, janga lupa perhatikan juga ukuran fontnya. Pastikan juga tulisannya dapat dibaca dengan jelas dari berbagai sudut.

  1. Warna Biru Adalah Raja

Warna biru adalah warna yang universal. Warna seperti ini bisa dianggap sebagai warna yang netral dan disukai oleh pria maupun wanita sekalipun. Warna biru bisa digunakan untuk presentasi jenis apapun. Misalnya presentasi bisnis, presentasi skripsi, pitching, dll.

  1. Manfaatkan Situs Penyedia Warna

Terkadang, akan lebih menarik jika warna yang kalian gunakan dalam sebuah presntasi tidak hanya satu warna atau dua warna saja. Selain itu, warna yang kalian gunakan juga harus sesuai satu sama lain, hal ini dikarenakan supaya tidak mengurangi ketertarikan visual presentasi. Kedua syarat ini dapat dipenuhi dengan memanfaatkan situs seperti paletton.com, coolors.co dan colorbox.io  . situs-situs seperti ini akan mempermudah kalian dalam pemilihan dan penentuan warna untuk presentasi yang kalian buat.

Warna itu berperan penting dalam berbagai desain, tidak cuman presentasi, sebab warna memungkinkan kalian untuk mengatur suasana dan suara dalam bentuk visual. Oleh sebab itu, pastikan untuk mempertimbangkan 7 hal ini sebelum memilih warna untuk presentasi kalian. Semoga bermanfaat..

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.