5 Gerakan Tangan Yang Harus Kalian Hindari Saat Melakukan Presentasi

5 Gerakan Tangan Yang Harus Kalian Hindari Saat Melakukan Presentasi

Ketika kata dapat berbohong, Bahasa tubuh akan menunjukan yang sebenarnya. Bahasa tubuh seringkali muncul tanpa kalian sadari dan ini menunjukan kondisi kalian yang sebenarnya. Dalam sebuah presentasi, body language, terutama gerakan tangan bisa membantu kalian untuk memberikan penekanan pada materi yang sedang disampaikan. Gerakan tangan ini bisa kalian secara sadar. Akan tetapi, ketika melakukan presentasi, kalian juga seringkali melakukan gerak tubuh secara tidak sadar dan ini bisa menimbulkan persepsi yang bermacam-macam dari audiens. Persepsi seperti ini tidak akan menjadi masalah jika positif, akan tetapi tentu akan merugikan jika persepsi yang muncul justru persepsi yang negative. Seupaya tidak terkesan negative di hadapan audiens, hindari lima gerakan tangan seperti ini.

  1. Bersedekap

Posisi berdiri sambil melipatkan kedua tangan di dada merupakan salah satu bentuk Bahasa tubuh yang bisa kalian artikan sebagai sikap perlindungan diri atau bisa juga sebagai sikap menutup diri. Hal seperti ini bisa saja menggiring opini audiens yang menganggap jika kalian tidak terbuka dalam menyampaikan sesuatu. Dalam beberapa hal, sikap bersedekap juga dilakukan ketika kalian sedang merasa kedinginan.

  1. Menggaruk kepala/belakang leher

Tanpa kalian sadari sikap menggaruk-garuk kepala ini sering kalian lakukan saat kalian sedang berbohong terhadap lawan bicara.  Selain itu posisi menggaruk-garuk bagian leher belakang juga bisa diartikan kalian tengah ragu-ragu dalam menyampaikan sesuatu. Sikap semacam seperti ini sebaiknya tidak dilakukan karena audiens akan menilai apa yang kalian sampaikan kurang menyakinkan sehingga audiens enggan memperhatikan apa yang kalian sampaikan.

  1. Memasukkan Tangan Ke Dalam Saku

Memasukkan tangan ke dalam sebuah saku celana yaitu satu bentuk sikap yang biasanya dilakukan ketika kalian sedang gugup dan nervous saat berbicara di depan umum. Sikap ini sebaiknya dihindari kendati bisa membuat lebih rileks karena audiens akan memandang kalian sebagai sosok yang arogan dan terkesan ingin mendominasi.

  1. Bertolak Pinggang

Gerakan menaruh kedua belah tangan pada pinggang saat berbicara di hadapan menunjukan bahwa kalian terlalu over confidence. Sikap seperti ini harus dihindari karena bisa menimbulkan kesan arogan atau sombong.

  1. Pacifying

Sesorang yang sedang merasa gugup ketika berbicara di depan banyak orang tanpa disadari akan menciptakan gerakan tangan yang dilakukan secara terus menerus tanpa ada alasan yang jelas. Seperti sering membetulkan rambut, membetulkan kacamta, memainkan bolpoin dll. Gerakan inilah yang disebut pascifying. Gerakan seperti ini harus dihindari sebab akan mengalihkan perhatian audiens. Alih-alih dalam menyimak materi yang kalian sampaikan, bisa jadi audiens akan lebih focus terhadap gerakan-gerakan yang seharusnya tidak perlu kalian lakukan karena akan dianggap sebagai hal yang lucu.

Gerakan-gerakan seperti ini memang sering muncul tanpa kalian sadari, akan tetapi kalian bisa meminimalisir dengan sering melakukan latihan. Ketika melakukan latihan, usahakan untuk berlatih secara menyeluruh dan tidak hanya focus dengan konten prensentasi yang akan dibawakan saja. Latih juga intonasi suara, gerakan tangan, ekspresi dan body language dll. Semoga bermanfaat..

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.